Tuesday, April 24, 2007

Yang Unik-unik tentang Presiden-presiden AS



Lupa saya sudah berapa banyak presiden AS. Tapi itu tak penting kali ini. Yang pasti adalah sama seperti kita, mereka juga punya hal-hal unik dan lucu. Dan, kalau mau mentertawakannya, silaken. Sebab, saya kira tidak ada UU yang melarang mentertawakan kelucuan presiden negara mana pun, termasuk AS. Sepanjang hal itu lucu dan bisa membuat panjang umur. Lain halnya kalau mentertawakan yang tak lucu. Tak hanya presiden yang marah bila dibegitukan. Ya, kan?

Tentang yang unik dan lucu perihal Presiden AS, mari kita mulai dari dari Presiden pertama. Namanya George Washington. Ia menjabat selama periode 1789-1897. Presiden yang lahir 22 Februari 1732 di Westmoreland County, Virginia ini, ternyata lebih muda lho, dari istrinya. Dan menurut catatan sejarah, dia itu lah presiden pertama AS yang demikian.

Hal lain yang unik dari dia adalah soal pidatonya. Ketika dilantik untuk kedua kalinya sebagai presiden, pidatonya cuma terdiri dari 133 kata. Hanya dua menit ia butuhkan untuk menyampaikannya. Wah, mereka yang doyan telat datang ke suatu acara, pasti deh nggak kebagian dengar pidatonya. Sementara yang suka ngantuk kala ada yang pidato, pasti pula merasa senang, karena tak perlu repot-repot bawa bantal.








Lain halnya dengan Thomas Jefferson yang menjabat presiden AS pada 1801-1809. Presiden ketiga AS yang lahir pada 13 April 1743 ini, terpaksa berjalan kaki dari Gedung Putih ke tempat pelantikannya di gedung Capitol. Bukan karena ingin merakyat atau supaya sehat. Melainkan karena menantunya, Jack Epsfield, terlambat datang untuk menjemputnya dengan kendaraannya. Benar-benar menantu yang tak tahu diri ya?

Bocah-bocah Amerika, saya kira, harus berterimakasih pula kepada TJ, julukan Thomas Jefferson. Sebab, TJ lah yang memperkenalkan jajanan paling kesohor di seluruh dunia ke AS, yakni es krim. Sebelum jadi presiden, TJ juga dikenal sebagai penemu macam-macam resep makanan dan alat-alat. Misalnya, ia adalah penemu Baked Alaska, campuran antara kue (cake) dan es krim. Ia juga penemu kursi lipat. Juga pedometer, suatu alat yang berguna untuk mengukur sudah berapa jauh ia berjalan kaki.

Bagaimana dengan Milliard Fillmore, presiden ke 13 AS? Pria yang dilahirkan pada 7 Januari 1800 ini menjabat pada periode 1850-1853. Dan, ia rupanya ‘tahu diri’ dengan pendidikannya. Karena ia tidak pernah menempuh pendidikan di sekolah formal, maka ia menolak ketika akan dianugerahi gelar doktor kehormatan untuk bidang hukum sipil oleh Universitas Oxford. Alasannya: ia merasa tidak layak mendapatkan gelar untuk bidang yang tak pernah dipelajarinya. Logis saja, sebenarnya. Tapi kok terasa beda, ya dengan sejumlah orang yang malah rela beli gelar segala?



Berkebalikan dengan Fillmore, presiden AS ke 31, Herbert Clark Hoover adalah biangnya gelar. Pria yang dilahirkan 10 Agustus 1874 di West Branch, ini mendapat 99 gelar kehormatan sepanjang kariernya sebagai presiden (1929-1933). Sementara itu, istrinya punya kebiasaan unik. Setiap pagi Ny Hoover meletakkan uang 1000 dolar di atas lemari pakaiannya. Dan tak seorang pun staf gedung putih yang berani mengutak-atik uang itu. Sebab mereka yakin, Ibu Negara memang sengaja berbuat begitu untuk menguji kejujuran mereka.

Abraham Lincoln, presiden ke 16 AS, boleh lah kita sebut orang yang pertama kali membawa jenggot ke gedung putih. Sebab dia lah presiden pertama AS yang berjenggot. Pria yang dilahirkan pada 12 Februari 1809 di Hogdenville, Hardin Counti (sekarang Larue) Kentucky ini, hanya menjabat selama empat tahun (1861-1865). Ia meninggal dunia karena dibunuh di masa ia masih menjabat. Uniknya, ancaman pembunuhan sesungguhnya sudah sering mampir kepadanya. Sampai-sampai di kantornya ia menyediakan sebuah amplop khusus yang diberi judul: Assassinations. Isi amplop itu adalah surat-surat yang berisi ancaman pembunuhan terhadapnya. Terakhir kali ketika amplop itu diperiksa, isinya ada 88 surat.

Kakek Abraham Lincoln yang bernama sama dengan dirinya, ternyata juga meninggal karena dibunuh. Sama seperti Lincoln, sang kakek juga menikah dengan wanita bernama Mary (Shepley) dan mempunyai anak yang diberi nama Thomas. Ada-ada saja.



Selanjutnya, menarik pula menyimak catatan-catatan unik tentang presiden ke 35 AS, John Fitzgerald Kennedy. Tokoh ini memang selalu jadi perhatian semasa hidupnya mau pun sampai kini. Selain karena penampilannya yang flamboyan, dipuja banyak wanita dan juga pria, kisah hidupnya yang tragis banyak membuat orang ingin tahu apa saja tentang pria yang dilahirkan di Brookline, Massachusetts, 29 Mei 1917 ini. Karena popularitasnya itu, banyak cerita-cerita lucu tentang dirinya yang telah menjadi cerita umum dari mulut ke mulut. Berikut ini hanya beberapa diantaranya. Yakni: binatang kesayangan keluarga mereka diberi nama Bluebell dan Marybelle. Keduanya adalah hampster milik Caroline dan John-john. Makanan pencuci mulut kesayangan Kennedy adalah: anything as long as it was chocolate. Dan panggilan kesayangan putrinya kepadanya adalah: Silly Daddy. Jadi ingat putri saya, yang kadang-kadang memanggil saya, Papa kampungan, he…he…he…



Jimmy Carter Jr
, presiden ke 39 AS, pernah juga diolok-olok sebagai presiden kampungan. Soalnya, kemunculannya seolah-olah tiba-tiba. Negara asalnya, Georgia, bukan termasuk negara bagian elit di AS. Itu sebabnya, sebelum ia menang dalam Pemilu, namanya sering dipelesetkan dengan Jimmy Who?. Kira-kira artinya, Jimmy yang mana ya?, sebuah ledekan bagi ketidaktenaran namanya.

Dilahirkan di Plains, Georgia pada 1 Oktober 1924, Carter menjabat pada periode 1977-1981. Film pertama yang dipertunjukkan di Gedung Putih selama masa pemerintahannya adalah All President’s Men, film tentang skandal watergate yang menjungkalkan Presiden Nixon dari Partai Republik.

Selama masa jabatannya, satu-satunya minuman ringan yang diperbolehkan disajikan di Gedung Putih adalah Coca-cola. Sementara untuk mengecek apakah staf kebersihan Gedung Putih telah bekerja dengan baik, Ny. Carter setiap malam meletakkan sepotong keripik di tiap meja. Kalau keripik itu telah menghilang keesokan harinya ketika ia memeriksanya, berarti ia yakin staf Gedung Putih telah bekerja dengan benar. Kok sampai segitunya, ya? Apa memang staf Gedung Putih pada malas kerja sampai harus dicek segala?

Ketika berkampanye untuk jadi Presiden, pilot pesawat American Airlines yang membawa Carter kemana-mana bernama sama dengan dirinya: Jimmy (James Kenneth) Carter. Tak ada hubungan darah diantara mereka. Pesawat itu diberi nama: Peanut One.

Bagaimana dengan sepatu seorang presiden? Adakah yang unik darinya? Jawabnya, ya, bila itu menyangkut presiden ke 40 AS, bernama Ronald Wilson Reagan. Pria yang dilahirkan 6 Februari 1911 di Tampico, Illinois AS ini, mempunyai sepatu tenis yang diberi nama, Ronnie Runners. Warnanya merah, putih dan biru bertuliskan RR84 di kedua sisinya. Sepatu itu buatan CVS International, dibikin untuk dihadiahkan kepada Reagan sebagai presiden ke 40.

Sementara itu cemilan kesukaannya dan istrinya adalah jelly beans. Ada sejarahnya mengapa mereka memfavoritkan snack ini. Ceritanya, tatkala teman mereka, Robert Taylor meninggal karena kanker, Reagan dan istri disarankan agar berhenti merokok bila tidak ingin mengikuti jejak sahabat. Jelly beans lah makanan ringan yang membantu mereka berhenti merokok.

Masih banyak lagi hal unik dan lucu tentang presiden-presiden AS. Tak mungkin disajikan di sini sebab banyak sekali kisah-kisah itu. Saya sendiri hanya mencomotnya di sana-sini dari sebuah buku yang berjudul: The World Almanac of Presidential Facts, The basic biographical plus the most colorful amusing, and off beat information on the presidents ever collected in one volume. Buku ini ditulis oleh Lu Ann Paletta dan Fred L. Worth, diterbitkan pertama kali oleh Pharos Books pada 1988. Di situ termuat bejibun hal penting, unik, lucu, aneh dll tentang presiden pertama hingga ke 40 AS.

1 comment:

  1. Lae, selanjutnya bikin Yang Unik2 tentang presiden Indonesia... He..he..he..he...

    ReplyDelete

Sampai jumpa lagi...

Sampai jumpa lagi...