Monday, May 14, 2007

Buku tentang Barang Bekas



Pekan lalu saya mendapat telepon dari Vivi Widya Savitri. Ia mengabarkan bahwa bukunya yang berjudul CETAK DUIT DARI BARANG BEKAS telah terbit. Lewat telepon pula ia memberitahu bahwa ia akan mengirimkannya beberapa kepada saya. Saya senang dan ikut mengucapkan selamat.

Vivi, yang lebih dikenal dengan nama Mama CaLLaN, adalah seorang karyawan di sebuah kedutaan besar negara tetangga. Namun di sela pekerjaannya itu ibunda seorang putra yang masih kecil ini aktif menyelenggarakan bazaar dan garage sale. Ia mengibarkan bendera Mama CaLLaN itu sebagai merek dagangnya.

Beberapa bulan lalu ia saya wawancarai untuk dimuat di majalah tempat saya bekerja.
Ia bercerita tentang kiprahnya menyelenggarakan garage sale, yakni menjual barang bekas di pekarangan rumah secara terorganisir. Sambil mengobrol begitu ia juga bercerita bahwa ia ingin sekali menulis buku. Ia bahkan sudah menyiapkannya beberapa bab, tetapi tak tahu bagaimana cara menerbitkannya. Maka saya menyarankan agar ia berkenalan dengan teman yang mengawaki sebuah penerbitan di Yogyakarta. Namanya Ang Tek Khun, penerbit dari Gradien, Yogya. Kolaborasi mereka ternyata produktif. Lewat interaksi intens melalui email mereka akhirnya berhasil mewujudkan buku itu.

Rupanya Vivi memang all out dalam bekerja. Sesekali ia masih menelepon saya untuk menceritakan perkembangan bisnisnya, sekaligus bukunya. Sampai kemudian ia mengirimi saya copy dari cover buku sekaligus isinya. Ya ampun, luar biasa ibu ini, pikir saya. Sudah hampir rampung rupanya. Dan dalam emailnya, ia kemudian meminta saya untuk menulis kata pengantar. Tanpa pikir panjang, saya mengiyakan permintaannya.

Buku karya Vivi ini memang benar-benar panduan praktis menyelenggarakan Garage Sale. Di dalamnya ia membeberkan sampai ke bagian paling rinci. Mulai dari bagaimana menyiapkan leaflet, membuat surat perjanjian dengan vendor, hingga ia tak lupa pula memberi tips, semisal bagaimana mempersiapkan uang kembalian.

Dijual dengan harga Rp25 ribu per eksemplar saya kira buku ini sangat bernilai. Ia benar-benar dikemas dalam bentuk praktis tetapi sekaligus kreatif. Ada tabel, ada grafik dan ada foto-foto. Juga perhitungan untung-rugi ala usaha informal. Tak lupa pula ia masukkan beberapa contoh postingnya di miling list untuk mempromosikan acara-acara garage sale-nya.

Saya mengucapkan selamat untuk Vivi yang benar-benar menunjukkan semangatnya. Juga untuk Bung Ang Tek Khun yang jeli melihat topik-topik menarik. Lewat buku ini, majalah tempat saya bekerja pun ikut mendapat promosi. Sekali lagi, terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Sampai jumpa lagi...

Sampai jumpa lagi...