Thursday, July 05, 2007

Ekonomi djaman Malaise (02)




Bila menilik masa penerbitannja yang bertahoen 1931, tjeokoep njata lah bahwa itoe koran terbit pada masa-masa perekonomian soelit. Apabila kita membatja sedjarah, pada masa 1929 dan seteroesnja terdjadilah apa jang diseboet depresi ekonomi di negara-negara Amerika dan Eropa. Dampaknja mendjalar pula ke Indonesia. Sebab pasar dari komoditas jang ditanam di Indonesia adalah ke negara-negara Eropa terseboet. Dan karena daja beli masjarakat Eropa merosot, toeroet poela ekonomi Indonesia mengalami hal jang sama.

Perihal terhoeboengnja satoe negara dengan negara lain di doenia, jang oleh kita di djaman ini sering diseboet interdependensi, soedah mendjadi perbintjangan jang oemoem roepanja di kalangan terpeladjar di waktoe itoe. Terboekti dari seboeah kalimat dalam koran Aljaoem, soeatoe hari sbb:

Oleh sebab doenia hari ini terikat dan bersamboeng satoe sama lain, maka tidak heran djika rata-rata doenia toeroet mendapat tjilaka karena peperangan boycot tadi. (Red: Maksoednja ketika India memboikot Inggris lewat gerakan jang dipimpin Gandhi, jang menjebabkan ekonomi Inggris terkena dampak).

(Aljaum, 18 Febriari 1931)


Akibat depresi ekonomi jang melanda doenia, daja beli masjarakat di Indonesia poen ikoet merosot. Merosotnja daja beli itoe antara lain tertjermin pada bunji iklan pada masa-masa itoe jang kelihatannja banjak sekali menondjolkan harga moerah. Dengan kata lain, faktor harga mendjadi penentoe daja saing.

Misalnja, iklan berikoet ini:

Awas………………Awas
Djangan Bajar Harga Lebih Mahal Tjoba Tjanjak Doeloe Pada
CHEMICALIEN HANDEL ASIA
Ketapangstraat 6-Soerabaia

Bersedia roepa-roepa Obat Patent dari Fabriek jang ternama, verband stoffen dan Eau de Cologne No 1 dan djoega sedia roepa-ropea Essence Siroep No 1, 2 en No 3.
Djoewal banjak dan sedikit bisa kirim rembours antero Negeri.

(Aljaum 18 Februari 1931)


Iklan berikoet lebih njata lagi menondjolkan harga:

Harga Melawan
Persediaan Besar
Kopijah beloedroe keloewaran fabrik sendiri, model roepa-roepa, terima pesenan dengan rembours. Djoega sedia kopijah tarboes keloewaran dari Egypt jang toelen jang paling bagoes. Menoenggoe toean poenja pesenan.

Toko Al-Said
bin Ali Abdat
Sasak No 17
Soerabaia

(Aljaum 4 Maret 1931)


Iklan lainnja tidak setjara tegas bitjara soal harga, tetapi hal itu tetap dikemukakan, seperti iklan berikut ini:

Toko Baroe

Awab Soengkar Al Oermie & Co
Batik Handel Kamp. Arab No 32- Tel 494 N
Soerabaia
Telegram Adres…. AWABSOENGKAR

Sedia roepa-roepa batik aloes dan kasar keloewaran Solo, Pekalongan, Djoecja, Toeloengagoeng dan lain-lainnya harga pantas.
Kalau beli pada kita satoe kali tentoe akan djadi langganan selama-lamanja.

(Aljaum 18 Februari 1931)


Iklan dari toko batik Hadi Abdat & Co berikut ini menggunakan slogan HARGA PASTI di akhir advertensi yang dipasangnja:

Kalau toean ingin dapat oentoeng dan barang bagoes, berlanggananlah pada kita.
Ada sedia roepa-roepa batik, harga dari moelai f 1.50 sampai f 30-an per potong. Djoega sedia batik KELENGAN POETI speciaal boewat njonja-njonja. Harga moelai f 1.50 sampai f 17 per potong.

Batik Handel
HADI ABDAT & Co
Kamp Arab No 11 Soerabaia
HARGA PASTI

(Aljaum 18 Februari 1931)


Rendahnja daja beli di djaman itoe djuga sering ditjerminkan banjaknja roeang kosong jang tidak terpakai karena kalangan saoedagar banjak jang menoetoep oesahanja. Djika di djaman sekarang kita sering menemoekan reklame tentang didjoealnja properti, entah itoe roeko, roemah ataoepoen tanah kosong, sebagai tjermin beloem terisinja setjara penoeh kapasitas soember daja ekonomi, di djaman dahoeloe kala itoe fenomena itu djoega ada. Terboekti dari banjaknja peroesahaan jang bergerak di bidang djoeal beli properti. Salah satoenja jang beriklan berikoet ini:


Woning Bureau
De Vlijt

Kampenenstraat Telefon 1157 N
Menjewakan,
Mendjoeal
dan membeli
Goedang-goedang, roemah-roemah dan toko-toko
(Aljaum, 18 Februari 1931)


Bersamboeng ke
sini

No comments:

Post a Comment

Sampai jumpa lagi...

Sampai jumpa lagi...