Wednesday, June 15, 2011

Surat untuk Oppung June Gregg

Hallo Oppung June Gregg,

Katakan padaku Oppung,
apa rahasia di balik panjang umurmu dan apa yang membuatmu begitu setia?


June Gregg meniup lilin pada perayaan ulang tahunnya. Foto: AP
Aku baru saja membaca kisahmu pada sebuah berita yang dilaporkan Associated Press, 3 Juni lalu. Dan itu sungguh kisah yang mengharukan. Dikatakan, umurmu sudah 100 tahun, suatu umur yang panjang, tentu. Namun bukan itu saja yang mengagumkan darimu, melainkan kesetiaanmu untuk hanya menggunakan satu buku tabungan saja sejak ayahmu membukakannya untukmu. Waktu itu umurmu baru satu setengah tahun, di tahun 1913. Katanya, dengan buku tabungan itu ayahmu ingin menyenangkan putri semata wayangnya sekaligus untuk mengajarkan bagaimana cara berhemat. Ia menabung untukmu di rekening itu senilai US$6,11.

Katakan padaku Oppung,
bagaimana engkau bisa begitu tak tergoda sehingga sejak zaman sebelum Perang Dunia I dulu, dalam soal berurusan dengan bank engkau hanya pergi ke Savings Bank itu saja?  Di tengah demikian gencarnya persaingan bank menarik nasabah, dengan berbagai insentif yang menggiurkan, bagaimana engkau begitu kukuh tak mau berpindah ke lain hati, sehingga ketika para pegawai bank itu mencoba menelusuri rekeningmu, engkau hanya pernah berganti nomor sekali saja?. Itu pun hanya ketika  Huntington National Bank yang berbasis di Columbus itu mengambil alih Savings Bank di tahun 1980-an dan secara otomatis engkau jadi nasabah Huntington.

Katakan padaku Oppung,
bagaimana engkau bisa demikian patuh pada apa yang diajarkan oleh ayahmu, sehingga engkau tidak pernah mau berutang, selalu menabung setiap sen penghasilanmu dan hanya akan membeli sesuatu sampai engkau mempunyai uang untuk membelinya?  Begitu besarkah kekagumanmu pada ayahmu yang petani gandum itu, sehingga nasihatnya engkau dengar sepanjang hayat?

Katakan padaku, Oppung,
bagaimana caranya agar aku juga bisa berkata seperti yang engkau katakan, “Hidupku baik-baik saja karena aku tak terlalu menginginkan macam-macam,” di tengah dunia yang dibanjiri billboard di jalanan, reklame di televisi dan SMS promo di telepon genggam?

Katakan padaku ya Oppung?.

                                                                           ***

Catatan:
Oppung June Gregg tinggal di Bainbridge, Ohio, AS dan baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke 100. Menurut Associated Press, sampai saat ini June Gregg masih menggunakan rekening tabungan satu-satunya untuk bertransaksi keperluan pribadinya. 

Oleh karena usianya, sejak dua tahun lalu ia berhenti menyetir dan sejak itu ia berusaha hanya sekali sebulan saja pergi ke bank untuk mengecek rekeningnya.

Oppung June Gregg dulunya bekerja sebagai pegawai kantor pos, sebelum pensiun pada tahun 1976 lalu. Selama hidupnya ia melajang.

Sebagai penghargaan atas kesetiaannya, Bank Huntington merayakan hari ulang tahunnya yang ke 100 pada 2 Juni lalu, lengkap dengan balon dan kue ulang tahun berlilin besar dengan angka 1 – 0 – 0. Hadiah lainnya adalah janji bank tersebut untuk melipatgandakan suku bunga tabungan Gregg menjadi 5% dalam 100 hari ke depan, kenaikan lima kali lipat bila dibandingkan dengan suku bunga rata-rata di sana.

eben ezer siadari

No comments:

Post a Comment

Sampai jumpa lagi...

Sampai jumpa lagi...